Lebih Baik Memakai Aki Kering Atau Aki Basah?

Baik aki lembap atau aki kering pastinya mempunyai kekurangan dan kelebihan. Yang terang aki mempunyai tugas yang sangat penting. Itu dikarnakan akilah yang memperlihatkan tenaga listrik ketika kendaraan di starter. Ketika mesin kendaraan dihidupkan maka aki akan mendapat energi listrik dari alternator atau dinamo ampere yang diputar oleh mesin. Energi listrik ini akan disimpan kembali ketika kendaraan beroda empat dalam keadaan membisu dan akan dipakai lagi ketika akan dihidupkan dengan starter. Ini akan berjalan normal bila memang kondisi aki memang baik.

Seperti yang telah diketahui bahwa jenis aki ada dua macam yaitu aki lembap dan aki kering. Dan tentunya masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Lalu apa kekurangan dan kelebihan aki kering dan aki lembap tersebut? Lalu kenis aki apa yang cocok untuk kendaraan anda? Berikut penjelasannya.

Aki lembap ialah aki yang mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai pelapis yang lebih transparan dan dilengkapi garis batas untuk bab atas dan bab bawah. Hal tersbut bermaksud untuk mempermudah pengecekan kondisi kondisi air aki didalamnya. Akan tetapi pada aki lembap airnya hatus sering dicek, lantaran aki lembap lebih gampang menguap bila panas yaitu dari sel-sel aki dikala pengisian dan suhu di sekeliling aki.

Aki lembap juga pada umunya sangat cocok dengan iklim menyerupai di Indonesia yaitu tropis, terlebih lagi posisi aki di ruang mesin yang selalu berada pada suhu panas. Selain itu baterai jenis aki lembap lebih murang bila dibandingkan dengan aki kering

Sedangkan untuk aki kering tidak memakai cairan elektrolit untuk merendam sel-sel aki, akan tetapi memakai gel sebagai penggantinya. Hal inilah yang menciptakan gel aki jenis kering lebih jarang menguap, sehingga jumlahnya sangat jarang berkurang dari level normal.

Membutuhkan waktu sekitar satu hingga lima belas tahun untuk berkurangnya gel pada aki kering. Sedangkan untuk kelebihan aki kering tidak butuh perawatan yang terpola sehingga sering disebut dengan maintenance free batteray.

Bagi anda yang tidak mau repot dalam peratan aki, maka aki jenis kering sangat cocok untuk anda. Akan tetapi harga aki kering terbilang lebih mahal dibanding dengan aki basah.

Aki lembap atau aki kering mempunyai rentang waktu yang tidak jauh berbeda, itu semua juga sangat dipengaruhi oleh perawatan. Umumnya masa pakai baterai kendaraan beroda empat berkisar 1,5 � dua tahun dan sesudah rentang waktu tersebut sebaiknya baterai kendaraan beroda empat diganti gres semoga sistem kelistrikan kendaraan beroda empat tidak mengalami masalah.